Macam Macam Komunikasi Bentuk Gambar dan Berita


Macam Komunikasi Elektronik
Bentuk Komunikasi Elektronik
     a. Komunikasi Suara
     b. Komunikasi Berita dan Gambar
     c. Komunikasi Data
 
Cara Melakukan Komunikasi Elektronik
a. Komunikasi suara
Komunikasi suara merupakan bentuk komunikasi yang umum. Beberapa cara yang telah dikembangkan jangkauannya dapat meliputi hampir semua tempat didunia.Beberapa cara melakukan komunikasi yang dikenal secara umum adalah :
         Komunikasi Radio Siaran
Informasi dipancarkan kesegala arah, bersifat umum, jangkauannyatergantung daya  pancar serta ijinnya. Contoh : Radio RRI.

         Komunikasi Radio Amatir
Informasi dipancarkan kesegala arah tetapi jumlah pengirim danpenerima informasi       terbatas, sifat informasi bersifat pribadi. Contoh :ORARI.

         Komunikasi Radio Panggil
Digunakan untuk memanggil penerima yang menjadi pelanggan pengirim.Jarak jangkau terbatas. Contoh : Pager.
b. Komunikasi berita dan gambar
   Telegraf, telex, facsimile, siaran TV

1.) Telegraph
Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telephone. peralatan ini cikal bakal teknologi modern

2.) Pager (Penyeranta)
Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk menerima pesan teks melalui jaringan tanpa kabel.


3.)Internet Mesenger yaitu komunikasi antara satu orang dengan orang lain menggunakan teks, suara atau video dengan komputer, komunikasi jenis ini dapat dilakukan dengan satu orang atau beberapa orang sekaligus (confenece) .komunikasi jenis ini selain menggunakan teks (chatting) tetapi juga dapat menggunakan suara
(voice) bahkan sekarang dapat juga menggunakan streaming (Messenger dengan webcam).

4.)Email yaiitu Media komunikasi yang digunakan untuk berkirim surat atau data melalui internet .Komunikasi melalui email lebih efisien selain tidak perlu membayar proses pengirimannya sangat cepat sampai. Contoh Perusahaan pembuat email: yahoo, plasa, hotmail, gmail, mailcity dll.

5)Surat POS yaitu: Media pengiriman surat biasa melalui jasa pengiriman paket pos, biasanya pengiriman pos memakan waktu yang lebih lama, karena pengirim harus mengetahui alamat surat dengan jelas.

6.)Televisi
Yaitu peralatan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak / video secara langsung .


.7.)Radio
Yaitu Perlatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan Informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.

.8.)Koran
Yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari.

9.)Majalah
Yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit secara rutin setiap minggu atau bulanan.








Comments

Popular posts from this blog

Super Junior

MODE PENGALAMATAN